caraa’s blog

kumpulan informasi tips dan trik dari cara

Lensa Kacamata Untuk Para Pengendara

Mata sangat terpengaruh oleh intensitas cahaya, dengan pemilihan lensa kacamata yang tepat tentu akan mengurangi risiko pandangan kabur. Kamu bisa mendapatkan penjelasan bagaimana Pilihan Kacamata Berkualitas dan Pelayanan Terbaik di Optik Tunggal berikut ini.

Berkendara di kala sinar matahari sedang terik akan berpotensi mengganggu kinerja mata. Oleh karenanya banyak diantisipasi oleh pengendara dengan memakai pelindung mata. Jamak terlihat memakai kacamata hitam. Namun patut diketahui bahwa memakai kacamata hitam butuh pemahaman tertentu soal kondisi mata kamu sendiri.

Menurut ahli optik, “Sebelum melakukan pemakaian kacamata kenali lebih dalam kondisi mata kamu seperti apa? Karena salah penggunaan bisa berakibat negatif.

Sebagai contoh efek dari kerusakan akibat sinar Ultra Violet bersifat kumulatif, bahkan disetiap tahun 3,2 juta orang menjadi buta dari kondisi cacat mata yang disebabkan oleh kontak yang terlalu lama dengan sinar Ultra Violet,”.

Pilih kacamata dengan lensa yang dapat menolak sina Ultra Violet dan Polarized

Oleh karena itu penggunaan kacamata hitam berkualitas tinggi yang menghalangi 100 persen baik Ultra Violet - A dan Ultra Violet - B, adalah sama pentingnya. Terlebih untuk pengendara yang sehari-hari beraktifitas dan terkena langsung dengan sinar matahari.

Kini tersedia sejumlah kacamata hitam teraktual yang lensanya berspek polarized sangat efektif mereduksi cahaya yang menyilaukan sekaligus memperjelas penglihatan di siang terik. Itu karena filter polarisatornya bersilangan sehingga cahaya susah masuk.

Selanjutnya untuk tahu cara membedakan antara kualitas, (lensa) yang bagus akan terlihat bening sedangkan yang abal-abal akan nampak garis-garis vertikal.

Malam Dan Siang, Beda Lensa Kacamata

Sedangkan di malam hari, tidak bisa memakai kacamata yang jenisnya sama dengan siang hari. “Penggunaan kacamata hitam dalam kondisi gelap justru akan mengganggu kinerja mata normal maupun yang telah terkena refraksi itu sendiri,”

Jika pada kondisi malam, untuk menghindari intensitas cahaya berlebih seperti lampu-lampu di jalanan dan lampu kendaraan yang berlawanan arah dianjurkan pilih kaca mata yang lensanya berspek Anti Ultra Violet. Keberadaan ‘fitur’ itu membuat lensa akan terstimultan sendiri menjadi hitam disaat terkena silau sinar berlebih.


Jangan lagi pakai kacamata 'Goceng Adem', berbahaya

Kacamata Sebatas Mode

Jujur saja, tidak banyak pengendara yang belum paham benar bagaimana memilih pelindung mata yang tepat. Biasanya memanfaatkan visor tambahan yang terdapat di dalam helm.

“Kecuali yang matanya memang sudah minus ya harus pakai kacamatanya walaupun dengan helm sekalipun,” ujarnya mencoba menganalisa. Biar begitu, mereka umumnya menyadari bahwa perlindungan mata saat berkendara memang penting.

“Sangat penting menggunakan kacamata hitam terutama dalam kondisi perjalanan jauh,” tegas Wayan Eka Putra selaku ketua umum Mitsubishi Outlander Sport Club. “Kalau untuk saya sendiri lebih suka dengan model lensa polarized, kebetulan punya dua koleksi dari Oakley dan Ray-Ban yang seharga dua jutaan,”.

Jika pernah punya pengalaman negatif dengan kacamata hitam yang tidak bermutu baik. “Beda banget secara kualitas hanya asal hitam saja lensanya, tapi dari segi jarak pkamung dan kualitas penglihatan terhadap objek rada lebih blur,”. Nah, bagaimana dengan kamu?